Sabtu, 27 Juli 2013

MANAGEMENT



BAB I : KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS

KUIS 

1.Defenisikan manajemen dan organisasi serta mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi?
Jawab :
ü  Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan,pengorganisasian,pengarahan,dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.
ü  Organisasi adalah sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama.
ü  Manajemen diperlukan agar tujuan organisasi bisnis dapat tercapai secara efektif dan efisien.
2.Sebutkan sebuah fungsi-fungsi manajemen dan berikan contoh kegiatan yang harus dilakukan dari setiap fungsi manajemen tersebut?
Jawab :
Ø  Perencanaan ( Planning )
Contoh : Bisnis restoran,yang termasuk dalam kegiatan perencanaan adalah ketika kita menetapkan mengapa kegiatan bisnis restoran dilakukan,siapa yang akan dijadikan konsumen,bagaimana keinginan konsumen tersebut,dan bagaimana agar kita dapat memenuhinya.
Ø  Pengorganisasian ( Organizing )  
Contoh : Bisnis restoran, Adapun dalam kegiatan pengorganisasian adalah ketika menetapkan berapa banyak orang yang kita perlukan untuk menjalankan bisnis restoran ataurumah makan,tugasnya apa saja,termasuk didalamnya bagaimana mendapatkan orang-orang tersebutuntuk bisa bekerja bersama kita.
Ø  Pengimplementasian ( Directing )
Contoh : Bisnis restoran, Yang tercakup dalam kegiatan pengimplementasian adalah proses pengerjaan yang dilakukan oleh setiap orang-orang  yang bekerja bersama kita,proses memotivasi orang-orang agar bisa bekerja dengan berorientasi pada kualitas.
Ø  Pengendalian dan pengawasan ( Controlling )
Contoh : Bisnis restoran, Yang tercakup dalam kegiatan Pengendalian dan pengawasan Kegiatan pengecekan apakah para pegawai kita telah melayani pelanggan dengan baik,apakah makanan yang disajikan tidak basi dan sebagainya.
3.Uraikan fungsi-fungsi manajemen menurut James AF Stoner dan George Terry?
Jawab :
a.       fungsi-fungsi manajemen menurut James AF Stoner
·         Perencanaan ( Planning ) adalah Proses yang menyangkut upaya yang menyangkut upaya yang dilakukan umtuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
·         Pengorganisasian ( Organizing ) adalah proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh.
·         Kepemimpinan ( Leading ) adalah Kemampuan untuk memepengaruhi orang lain agar mau bekerja dengan tulus sehingga pekerjaan lancar dan tujuan tercapai.
·         Pengendalian dan pengawasan ( Controlling ) adalah proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangakaian kegiatan yang telah direncanakan,diorganisasikan,dan diimplementasikan bisa berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.
b.      fungsi-fungsi manajemen menurut George Terry
·         Perencanaan ( Planning ) adalah Memikirkan langkah yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki.
·         Pengorganisasian ( Organizing ) adalah Menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sehingga hubungan antarbagian menyatu dalam keseluruhan stuktur tersebut.
·         Penggerakan ( Actuating ) adalah proses menggerakan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-bersama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.
·         Pengendalian dan pengawasan ( Controlling ) adalah tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
4.Sebutkan beberapa fungsi operasional dari manajemen bisnis sebuah organisasi bisnis?
Jawab :
v  Manajemen Sumber Daya Manusia
v  Manajemen Produksi
v  Manajemen Pemasaran
v  Manajemen Keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar